Senin, 23 Maret 2015

Rancangan Aktualisasi Koba Bangka Tengah Pola Baru


BAB I
PENDAHULUAN
 
A.   Latar Belakang
 
 Aparatur sipil Negara (ASN) adalah profesi bagi pegawai negeri dan pegawai pemerintah dengan perjanjian  kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Pegawai  ASN  melaksanakan kebijakan  publik yang di buat oleh pejabat pembina kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas dan mempererat  persatuan dan kesatuan NKRI.
Setelah disahkannya Undang-undang (UU) ASN aparatur negara memiliki kekuatan dan kemampuan profesional kelas dunia, berintegritas tinggi non parsial dalam melaksanakan tugas, berbudaya kerja tinggi non parsial  dan kesejahteraan tinggi, serta di percaya publik dengan dukungan SDM.
Peraturan baru tentang  ASN tertuang dalam UU No.5 Tahun 2014 sudah secara implisit menghendaki bahwa ASN yang umum di sebut sebagai birokrat bukan sekedar merujuk kepada jenis pekerjaan tetapi merujuk kepada sebuah profesi pelayanan publik, maka dari itu sebagai ASN perlu membuat rancangan aktualisasi  khususnya di pelayanan bidang pendidikan yang dilaksanakan di instansi SMK 1 Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah.
Di era globalisasi masyarakat semakin kritis terhadap segala aspek termasuk terhadap mutu pendidikan  yang berkualitas. Sejalan dengan peningkatan pengetahuan dan teknologi dan kemudahan akses oleh masyarakat khususnya peserta didik dalam mendapatkan referensi yang berkaitan dengan ilmu yang menunjang terciptanya tujuan dari kurikulum 2013 yang telah diterapkan oleh Kabupaten Bangka Tengah hingga sampai saat ini khususnya di SMK 1 Pangkalanbaru, profesi guru sebagai bagian dari ASN sebagai bagian yang sangat penting dalam pendukung tujuan Pendidikan Nasional yang mulia perlu memiliki karakterberdasarkan nilai-nilai dasar ANEKA yaitu:
 
1.   Akuntabilitas
2.   Nasionalisme
3.   Etika Publik
4.   Komitmen Mutu
5.   Anti Korupsi.
B. Tujuan
 
Tujuan penulisan rancangan kegiatan aktualisasi ini diharapkan menjadi pedoman dalam mengaktualisasikan nilai-nilai akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi (ANEKA) dalam profesi guru administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Pangkalan Baru.
 
C. Ruang Lingkup
 
Ruang lingkup rancangan kegiatan aktualisasi dilaksanakan  di satuan kerja SMK 1 Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah menerapkan nilai-nilai akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi(ANEKA) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB II
RANCANGAN AKTUALISASI
 
A.   Landasan Teori
Berdasarkan dari kelima nilai dasar ANEKA yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik komitmen mutu dan Anti korupsi yang harus di tanamkan kepada setiap ASN maka perlu di ketahui indikator-indikator dari kelima kata tersebut yaitu:
1.    Akuntabilitas
Akuntabilitas adalah kewajiban setiap individu, kelompok atau institusi untuk memenuhi tanggung jawab yang menjadi amanahnya. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai publik.
2.    Nasionalisme
Nasionalisme adalah pondasi bagi aparatur sipil Negara untuk mengaktualisasikan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya dengan orientasi mementingkan kepentingan publik, bangsa dan Negara.
3.    Etika pubik
Etika publik merupakan refleksi atas standar
norma yang menentukan baik/buruk, benar/salah tindakan keputusan, prilaku untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab pelayanan publik.
4.    Komitmen mutu
Komitmen mutu merupakan pelaksanaan pelayanan publik dengan berorientasi pada kualitas hasil. Adapun nilai-nilai komitmen mutu antara lain mengedepankan komitmen terhadap kepuasan dan memberikan layanan yang menyentuh hati, untuk menjaga dan memelihara
5.    Anti korupsi
Anti Korupsi adalah tindakan atau gerakan yang dilakukan untuk memberantas segala tingkah laku atau tindakan yang melawan norma–norma dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi, merugikan negara atau masyarakat baik secara langsung maupun  tidak langsung. Tindak pidana korupsi yang terdiri dari kerugian keuangan Negara, suap-menyuap, pemerasan, perbuatan curang, penggelapan dalam jabatan, benturan kepentingan dalam pengadaan dan gratifikasi.
 
B. Keterkaitan Rancangan Kegiatan Dengan Nilai-Nilai  Dasar
 
Tugas dan pelaksanaan kegiatan aktualisasi nilai dasar di Dinas Pendidikan Bangka Tengah dengan tupoksi Guru Administrasi Perkantoran. Tugas yang saya laksanakan di tempat kerja pada SMK 1 Pangkalanbaru sesuai dengan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), Penugasan khusus dari atasan (Mentor), Inisiatif sendiri yang mendapat persetujuan atasan langsung (mentor). Rancangan kegiatan yang telah dibuat telah memuat nilai dasar ANEKA  yang diinternalisasikan pada tugas saya sebagai guru produktif Administrasi Perkantoran di SMK 1 Pangkalanbaru meliputi kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai yang direncanakan dalam rancangan aktualisasi dan secara langsung kegiatan tersebut terkait atau berlandaskan nilai dasar profesi PNS yaitu sebagai berikut :
1.     Melaksanakan  ulangan harian mata pelajaran otomatisasi perkantoran di  kelas X AP 1
 
Melaksanakan  ulangan harian kelas X AP 2. Sasaran kegiatan ini adalah untuk mengetahui kompentensi materi pelajaran otomatisasi perkantoran dalam materi Microsoft Publisher . Kegiatan ini dilandasi nilai dasar Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai integritas, tanggungjawab, keadilan dan kejelasan dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik yakin bahwa dengan pelaksanaan ulangan harian bukan untuk membebani siswa tetapi untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa sehingga ketika hasil dari evaluasi telah di ketahui maka dilakukan perbaikan dalam bentuk kegiatan remedial atau repeat. Melaksanakan tugas adalah merupakan tanggungjawab sebagai guru dan abdi masyarakat sesuai dengan tupoksi. Dalam pelaksanaan saya tidak memandang  status sosial siswa dimana semua siswa mendapatkan hak yang yang sama di dalam ruangan kelas dan setelah mengetahui hasil ulangan nilai yang di berikan sesuai dengan penilaian otentik yang merupakan dasar penilaian kurikulum 2013. Dalam penyusunan soal memberikan bentuk pertayaan yang mudah dimengerti oleh peserta didik sehingga siswa tidak merasa bingung dalam menjawab soal. Landasan nilai dasar nasionalisme adalah integritas yang tinggi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, dalam melaksanakan tugas saya menggunakan tehnik meyakini bahwa dengan pelaksanaan ulangan harian bukan untuk membebani siswa tetapi untuk megetahui tingkat penguasaan siswa sehingga ketika hasil dari evaluasi telah di ketahui maka dilakukan perbaikan dalam bentuk kegiatan remedial atau repeat. Landasan nilai dasar  Etika Publik mengabdi kepada negara dan rakyat Indonesia dan menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak dalam melaksanakan tugas saya menggunakan tehnik menyadari dengan sepenuh hati bahwa tujuan pendidikan nasional adalah tujuan yang mulia pelaksanaan ulangan harian merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran untuk melakukan perbaikan terhadap pemahaman siswa dalam pelaksanaan tugas melakukan pengawasan secara ketat dan tidak membenarkan siswa kerjasama dan mencontek tidak memihak dan memandang semua  siswa adalah sama, tidak ada pembedaan. Landasan nilai dasar Komitmen mutu adalah efektifitas dan efisiensi  dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik melaksanakan ulangan harian apabila satu bab pelajaran telah  di bahas maka akan dilaksanakan kegiatan untuk membiasakan siswa menguasai materi pelajaran, dan menentukan  waktu ujian sesuai dengan banyak soal, bentuk soal dan tingkat kesukaran. Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui kompentensi materi pelajaran otomatisasi perkantoran dalam materi Microsoft Publisher.
Proses/langkah kegiatan yang saya laksanakan dalam  Melaksanakan ulangan harian otomatisasi perkantoran di kelas X adalah :
1.    Membagi siswa dalam dua kelompok
2.    Membuka presentasi ulangan harian
3.    Memberitahukan aturan pelaksanaan ulangan
4.    Mengawasi pelaksanaan ulangan
5.    Mengumpulkan lembar jawaban
 
2.     Melaksanakan  kegiatan pembelajaran di kelas  XI administrasi perkantoran
 
            Sasaran kegiatan ini adalah menyampaikan materi mata pelajaran produktif administrasi perkantoran yaitu administrasi kepegawaian di kelas XI. Kegiatan ini dilandasi nilai dasar Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai kejelasan, tanggungjawab, keadilan dan kepemimpinan dalam pelaksanaan tugas saya menggunakan tehnik menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan metode pengajaran dan menggunakan media belajar yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab menyadari dengan sepenuh hati peserta didik adalah generasi penerus bangsa maka saya memberikan bahan ajar dan membimbing mereka sesuai dengan profesi saya sebagai guru, selanjutnya adil dalam memandang peserta didik di dalam kelas bagi yang melanggar aturan mendapatkan sanksi dan siswa yang bertindak sesuai aturan mendapatkan pujian. Serta dalam pelaksanaan tugas  saya membimbing peserta didik  ke arah pemikiran untuk tetap belajar sebagai bekal di masa depannya. Landasan dasar nasionalisme adalah nilai profesional dan menjaga kondisi damai dalam pelaksanaan kegiatan ini saya mengajar dengan mengunakan tehnik metode pembelajaran yang tertuang dalam RPP dan dalam pengajaran senantiasa menggunakan media pembelajaran, di dalam kegiatan pembelajaran siswa yang belajar dengan sungguh diberikan pujian dan yang salah diberikan sanksi. Landasan nilai dasar etika publik adalah menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak  saya menggunakan tehnik dalam melaksanakan KBM di kelas saya menyalurkan kompetensi yang saya miliki sebagai guru dengan memilih dan mengembangkan bahan pengajaran, dalam KBM di kelas menyampaikan bahan ajar tanpa memandang status sosial, ras dan latar belakang siswa. Landasan nilai dasar komitmen mutu adalah efektivitas dan efisiensi saya menggunakan tehnik dalam melaksanakan pengajaran saya menggunakan tehnik memperhatikan RPP dengan menggunakan langkah langkah persiapan, kegiatan inti dan penutup dengan memperhatikan alokasi waktu setiap pertemuan. Landasan nilai dasar anti korupsi adalah bertanggungjawab dalam melaksanakannya saya mengunakan tehnik meyakini profesi saya adalah guru harus dapat memberikan bimbingan dan pengajaran yang terbaik dan selalu senantiasa meningkatkan kompetensi. Adil dalam memberikan pengajaran dan bimbingan tanpa memandang status sosial. Jujur dalam menentukan penilaian yang kurang bisa diberikan pengulangan dan memberikan latihan tugas dalam porsi yang sama. Serta masuk dan keluar dari ruangan kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Manfaat dari kegiatan ini adalah menyampaikan materi pembelajaran sebagai bekal siswa di masa depan.
Proses/langkah kegiatan yang saya laksanakan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas adalah :
1.    Mengucapkan salam pembukaan
2.    Memeriksa kehadiran siswa
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
4.    Melaksanakan kegiatan inti dengan menggunakan metode pembelajaran
5.    Melakukan kegiatan penutup dengan pemberian tugas dan motivasi kepada siswa.
 
3.    Melaksanakan  pembimbingan peserta didik di Kelas X AP 1
 
Sasaran  kegiatan ini adalah sebagai wali kelas mengarahkan anak didik agar memiliki karakter displin dalam seperti dalam menggunakan atribut sekolah lengkap, dengan memperhatikan absensi memperhatikan jumlah ketidakhadiran siswa selama bulan Februari dan pertengahan bulan Maret 2015.  Kegiatan ini dilandasi nilai dasar  Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai integritas, tanggungjawab, keadilan dan kejelasan dalam pelaksanaan kegiatan saya menggunakan tehnik Dalam pelaksanaan bimbingan saya selaku wali kelas X AP 1 di SMK 1 Pangkalanbaru yakin  proses bimbingan peserta didik memberikan pandangan yang positif dan menyadarkan mereka adalah seorang siswa yang harus belajar keras dan berkarakter yang positif demi meraih masa depan, dalam proses bimbingan saya bertanggung jawab  berusaha mencari solusi ketika siswa menghadapi permasalahan dengan menanyakan sebelumnya masalah apakah yang dihadapi oleh mereka selama dalam pembelajaran. Memberikan arahan kepada mereka mana hal yang perlu dilakukan dan yang tidak perlu, menyampaikan aturan sekolah agar mereka lebih berdisiplin. Landasan Nasionalisme adalah menjaga kondisi damai dan profesional dalam pelaksanaan bimbingan saya menggunakan tehnik melakukan konsultasi dengan guru BK, sehingga dapat memberikan sanksi kepada peserta didik yang sering melanggar peraturan sekolah, mengatur peserta didik dalam pembuatan jadwal piket sehingga mereka mengetahui tanggungjawab setiap hari di kelas untuk menghindari konflik diantara peserta didik. Dalam Landasan Etika Publik adalah membuat keputusan berdasarkan prinsip keahlian, dimana dalam pelaksanan tugas saya menggunakan tehnik memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran berat seperti sering absen, membuat surat perjanjian tidak mengulangi bermain HP di kelas sehingga siswa diharapkan akan bertindak dengan keteraturan di kemudian hari. Landasan komitmen mutu adalah nilai dasar inovasi dalam proses bimbingan saya menggunakan tehnik mencari solusi terbaru untuk mencegah agar tidak terulangnya tindakan negatif siswa contoh dengan mengajak siswa menonton film penguatan karakter dalam tanggung jawab seorang siswa. Landasan yang saya gunakan dalam nilai anti korupsi adalah disiplin dalam melaksanakan proses bimbingan saya menggunakan tehnik membina siswa untuk hadir ke sekolah tepat waktu dan belajar di rumah senantiasa mengulang materi yang telah dipelajari, menggunakan atribut lengkap, melaksanakan piket kelas dan senantiasa menyampaikan kepada mereka bahwa belajar bukan hanya mencari nilai tetapi untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cerah. Manfaat dari kegiatan ini adalah wali kelas mengarahkan anak didik agar memiliki karakter displin  seperti dalam menggunakan atribut sekolah lengkap, dengan memperhatikan absensi memperhatikan jumlah ketidakhadiran siswa.
   Proses langkah kegiatan yang saya lakukan dalam melaksanakan pembimbingan siswa adalah :
1.    Memperhatikan catatan kejadian siswa
2.    Memberikan bimbingan dan pemberitahuan sanksi
3.    Memberikan motivasi kepada peserta didik
 
 
4.    Melakukan koreksi  tugas siswa kelas XI AP 1
 
Sasaran kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pegawai  kelas XI AP 1 dalam mata pelajaran Administrasi Kepegawaian dalam kompetensi dasar cuti pegawai  kelas XI AP 1. Kegiatan ini dilandasi oleh nilai dasar Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai  keadilan dan kejelasan dalam pelaksanaan kegiatan saya menggunakan tehnik memberikan nilai sesuai dengan kemampuan siswa menjawab pertanyaan dan memberitahukan kepada mereka besar nilai yang didapatkan melalui proyektor agar siswa termotivasi untuk memperbaiki. Setelah pelaksanaan tugas saya kembali menjelaskan kepada siswa bagian  yang belum dimengerti, untuk memecahkan konsep ketidaktahuan siswa. Landasan yang saya gunakan dalam nilai dasar nasionalisme adalah profesional dalam melaksanakan kegiatan saya menggunakan tehnik memberikan tanda benar jika benar dan sebaliknya pada buku tugas siswa dan mencatat ke dalam buku nilai dalam kegiatan koreksi. Landasan yang saya gunakan dalam nilai dasar etika publik adalah menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik mengoreksi tugas memberikan tanda salah jika siswa salah dan benar jika benar, dan menuliskan jawaban perbaikan di dalam buku tugas atau menyampaikan kepada seluruh siswa, mencatat nilai kedalam buku nilai sebagai bahan penentuan nilai akhir siswa. Dalam kegiatan koreksi semua siswa disamakan yang menjawab salah di salahkan dan sebaliknya, saya tidak menambah nilai dengan pandangan yang tidak benar. Dalam landasan komitmen mutu saya menggunakan nilai dasar melakukan perbaikan dengan berbagai cara, dalam pelaksanan koreksi tugas siswa saya menggunakan tehnik berusaha akan memperbaiki metode mengajarkan materi pembelajaran apabila mayoritas siswa belum dapat menjawab benar dan konsultasi kepada teman sejawat, guru pembimbing serta guru senior. Dalam landasan anti korupsi saya menggunakan nilai dasar kerja keras dan peduli, dalam pelaksanaan koreksi tugas siswa saya menggunakan tehnik tugas yang belum dapat dikoreksi dibawa pulang kerumah dan diperiksa pada malam hari dan membubuhkan tanda khusus pada nama siswa yang belum mendapatkan nilai yang baik serta memberikan penjelasan bagi mereka yang belum mengerti terhadap soal yang belum dipahami oleh siswa. Manfaat pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengukur parameter tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang belum dipelajari dan yang telah dipelajari sebagai bahan latihan siswa dan sebagai unsur penilaian dalam nilai raport.
Dalam melaksanakan kegiatan ini saya menggunakan proses :
1.    Mengumpulkan tugas siswa
2.    Memeriksa tugas siswa
3.    Memasukkan ke dalam daftar nilai
4.    Melakukan repeat  atau pengulangan jika hasil belum memuaskan
 
 
5.    Melakukan kegiatan pengawasan ujian sekolah kelas XII
 
Sasaran kegiatan ini adalah untuk memperhatikan keteraturan siswa-siswi kelas XII di kelas yang akan diawasi dalam pelaksanaan ujian di sekolah sebelum akhirnya melaksanakan ujian nasional. Landasan kegiatan ini adalah Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai  tanggungjawab, keadilan dalam melaksanakan tugas saya menggunakan tehnik bertanggungjawab sebagai pengawas yang telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah dengan mengawas siswa yang sedang ujian dengan tidak membenarkan mereka kerjasama dan mencontek, sehingga mereka serius belajar dan mengulang pelajaran untuk dapat menjawab pertayaan. Memberikan pengawasan yang sama kepada siswa bagi yang mencontek diberikan sanksi yang tegas dengan menarik lembar jawaban mereka sehingga membiasakan siswa berkarakter jujur dalam ujian. Dalam landasan nasionalisme saya mengunakan nilai menjaga kondisi damai dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik tidak membenarkan siswa untuk berbicara hal yang tidak penting untuk dibicarakan  dalam ruang ujian, jika ingin bertanya langsung kepada pengawas ujian, dan senantiasa menjaga keadaan di luar ujian agar konsentrasi siswa dalam menjawab soal ujian tidak terganggu. Dalam landasan etika publik saya menggunakan nilai menjalankan tugas secara profesional dengan menggunakan tehnik bekerja secara SOP yaitu dengan memeriksa denah ujian dan menjalankan absen ujian untuk dilaporkan kepada Ketua Panitia Ujian serta memperhatikan keadaan apakah lembar soal dan lembar jawaban soal ujian tidak ada yang kurang. Tidak mengurangi waktu yang telah ditetapkan susuai alokasi waktu yang telah tercantum dalam lembar soal. Dalam landasan komitmen mutu saya menggunakan nilai dasar efektif dan efisien dimana dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik melaksanakan pengawasan ujian melakukan pengawasan yang maksimal untuk tujuan yang  diharapkan, dan berpedoman pada alokasi waktu yang telah ditentukan untuk benar benar mengetahui parameter kompetensi siswa. Dalam landasan anti korupsi saya menggunakan nilai tanggung jawab dan berani. Dalam menjalankan tugas pengawasan saya menggunakan tehnik bertanggungjawab sesuai dengan SK yang telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah untuk hadir tepat waktu dalam kegiatan pengawasan ujian berani dalam memberikan sanksi kepada siswa yang mencontek dan kerjasama. Dengan memberikan sanksi pengurangan waktu ujian dan menarik lembar kerja siswa jika ketahuan membuka buku atau contekan. Manfaat kegiatan ini untuk mengatur keteraturan siswa ketika melaksanakan ujian dan untuk membiasakan peserta didik untuk bertindak jujur dalam pelaksanaan ujian.
1.    Memperhatikan jadwal pengawas yang telah tercantum dalam jadwal
2.    Di ruangan ujian memeriksa kehadiran siswa sesuai dengan denah ujian
3.    Membagikan lembar soal dan LJK
4.    Melaporkan kepada panitia jika ada kekurangan soal atau LJK
5.    Melaporkan kepada panitia jika soal kurang jelas
6.    Mengawasi ujian
7.    Mengumpulkan lembar soal dan lembar jawaban
8.    Menyampaikan soal dan LJK kepada panitia
 
 
 
 
6.    Melakukan rekapitulasi  absensi siswa kelas X AP 1 periode bulan Februari dan Maret.
 
Sasaran kegiatan ini adalah untuk memeriksa ketidakhadiran siswa selama bulan Februari dan bulan Maret serta dokumentasi bukti kehadiran siswa kelas X AP 1 SMK 1 Pangkalanbaru. Kegiatan ini dilandasi oleh nilai Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai  keadilan dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik menggunakan nilai dasar keadilan dalam melaksanakan rekapitulasi saya mencatat jumlah alva, sakit dan izin sesuai dengan yang tercatat dalam buku absen kelas dengan tidak menambah dan mengurangi jumlah kehadiran siswa, dengan memperhatikan keadaan kehadiran saya sebagai wali kelas akan memberikan sanksi bagi siswa yang tingkat kehadirannya menurun dan memberikan pujian bagi siswa yang rajin. Landasan  nilai nasionalisme adalah berintegritas tinggi dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik mengaplikasikan kegiatan rekapitulasi bukan hanya untuk dokumentasi tetapi sekaligus untuk rancangan bimbingan siswa dan perbaikan di kemudian hari. dalam nasionalisme adalah berintegritas tinggi dalam pelaksanaan kegiatan  Landasan yang saya gunakan dalam etika publik adalah menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak, dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik, setelah mengetahui kehadiran siswa saya sebagai wali kelas akan melakukan panggilan pertama kepada orang tua  siswa yang telah alva 3 hari dan tidak membeda-bedakan siswa dalam pemberian sanksi jika telah melanggar aturan yang telah ditetapkan di SMK 1 Pangkalanbaru. Dalam landasan komitmen mutu nilai yang saya gunakan adalah upaya perbaikan dengan berbagai cara dalam pelaksanan saya menggunakan tehnik akan memberikan langkah proses bimbingan kepada siswa dengan menanyakan sebelumnya alasan mengapa tidak hadir untuk mengetahui solusi agar tidak terulang kembali, tidak membenarkan siswa minta izin sakit melalui SMS atau telepon sebab kurang adanya jaminan kebenaran terhadap kondisi yang dialami oleh siswa. Dalam landasan anti korupsi  saya menggunakan nilai adil dan jujur dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik memberikan sanksi kepada anak yang sering tidak hadir  tanpa memandang latar belakang mereka semua sama harus melaksanakan aturan yang berlaku di SMK 1 Pangkalanbaru. Setelah rekapitulasi saya jujur memberitahukan keadaan siswa kepada orangtua untuk membantu bimbingan terhadap siswa dan sebelumnya orangtua mengetahui karakter anaknya. Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mendokumentasikan daftar kehadiran siswa dan sebagai dasar proses bimbingan.
Proses kegiatan yang saya lakukan adalah :
1.    Memperhatikan buku absen kelas
2.    Menggandakan daftar hadir
3.    Mengarsipkan
 
 
7.     Membuat RPP mata pelajaran Administrasi kepegawaian kelas XI AP
 
 
Sasaran kegiatan ini adalah untuk membuat rancangan rencana pelaksanaan pengajaran mata pelajaran Administrasi Kepegawaian pada kompetensi dasar Mengemukakan peraturan perawatan, tunjangan cacat dan uang muka dan  Mengkaji peraturan perawatan, tunjangan cacat dan uang muka dimana pembuatan RPP saya lakukan secara bertahap untuk penyesuaian terhadap rincian minggu efektif belajar. Dalam  kegiatan pembuatan RPP otomatisasi perkantoran nilai dasar yang saya gunakan adalah akuntabilitas, nasionalisme, etika publik dan komitmen mutu. Landasan yang gunakan pada nilai dasar akuntabilitas adalah bertanggungjawab terhadap tugas pokok guru dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik mempersiapkan perangkat pembelajaran dan melaksanakan tugas pembuatan RPP dengan sepenuh hati tanpa terbeban. Landasan yang saya gunakan dalam nilai Nasionalisme adalah integritas dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik  senantiasa melaksanakan proses pembelajaran sesuai yang tertuang dalam rancangan RPP. Landasan etika publik adalah komunikasi, konsultasi dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas saya menggunakan tehnik selalu berkomunikasi kepada pembimbing agar kegiatan pembuatan RPP berjalan dengan lancar dan mencari solusi jika terjadi masalah  dalam penyusunan dengan teman sejawat yang telah mengikuti pelatihan penyusunan RPP dalam konsep kurikulum 2013. Melakukan kerjasama dengan pembimbing kepada waka kurikulum dalam penyesuaian alokasi waktu di dalam RPP. Dalam landasan komitmen mutu saya menggunakan upaya perbaikan secara berkelanjutan melalui berbagai cara dimana dalam melaksanakan tugas pengajaran saya  menggunakan tehnik berusaha untuk mengembangkan metode pengajaran setelah adanya tindakan pelaksanaan yang berpedoman pada RPP di kemudian hari. Landasan anti korupsi adalah kerja keras, dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik memiliki sifat tidak terbeban dalam pembuatan RPP walaupun dalam penyusunan di laksanakan di luar jam kerja. Manfaat kegiatan ini adalah sebagai pedoman pengajaran di dalam kelas sesuai dengan silabus dan kompetensi dasar.
Proses kegiatan yang saya lakukan dalam kegiatan ini adalah :
1.    Memperhatikan silabus dan kompetensi dasar
2.    Menyusun tujuan pembelajaran, metode pembelajaran dan media pembelajaran
3.    Menyusun kegiatan pembuka, inti dan penutup
4.    Menyusun evaluasi
 
8.    Melaksanakan  kunjungan ke rumah siswa yang bermasalah dengan kehadirannya
 
Sasaran kegiatan adalah untuk membicarakan dan mengetahui secara lebih rinci latar belakang alasan anak didik tidak hadir dan membicarakan kepada orang tua dengan maksud mencari tindak penyelesaiaan dan kegiatan pembimbingan kepada peserta didik yang bermasalah. Landasan dari kegiatan ini adalah Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai tanggungjawab, keadilan dan kejelasan dalam melaksanakan kegiatan dengan menggunakan tehnik bertanggungjawab sebagai wali kelas untuk memberitahukan kepada orangtua keadaan tingkah laku negatif yang dilakukan siswa dan ingin berkomunikasi kepada orangtua langsung untuk langkah perbaikan kelakuan siswa di kemudian hari. Landasan nasionalisme adalah menjaga kondisi damai, dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik mencari tahu alamat siswa dan menentukan jadwal kunjungan kepada orangtua dalam pertemuan berbicara menggunakan bahasa yang beretika dan membawa bukti fisik rekap absen siswa sehingga menghindari terjadinya konflik. Landasan etika publik adalah menjalankan tugas secara profesional dan tidak berpihak dan membuat keputusan berdasarkan prinsi keahlian. Dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik melaksanakan kegiatan kunjungan  sebagai wali kelas  saya tidak berpihak kepada siswa, bagi siswa yang melakukan kesalahan berulangkali dengan konsultasi kepnada guru BP atau BK dapat diberikan sanksi dikeluarkan dari sekolah, meyampaikan kepada orangtua siswa agar membantu tugas guru untuk membimbing atau mengarahkan anaknya agar mengubah sifat dan prilaku. Landasan komitmen mutu adalah melakukan perbaikan dengan berbagai cara, dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik pada kegiatan  kunjungan komunikasi yang dibangun kepada orang tua siswa bertujuan agar siswa tidak mengulang kembali tindakan negatif yang dan memberikan solusi yang terbaik untuk dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anaknya bertindak negatif ke arah yang lebih jauh lagi. Landasan anti korupsi adalah peduli dan berani, dalam pelaksanaan kunjungan sebagai wali kelas saya menggunakan tehnik peduli bahwa sekolah adalah kegiatan yang sangat penting tetapi harus memperhatikan aturan yang berlaku sehingga pelanggaran ringan yang dilakukan oleh siswa dan terulang perlu diberitahukan kepada orangtua siswa. Berani mengambil keputusan dengan memberikan sanksi yang tegas bagi siswa yang melakukan pelanggaran berat agar siswa lain yang ingin benar-benar belajar tidak terpengaruh terhadap tindakan anak yang nakal. Manfaat kegiatan ini adalah untuk menyampaikan keadaan real peserta didik kepada orangtuanya untuk membantu pembimbingan.
Proses kegiatan yang saya lakukan adalah :
1.    Mengucapkan salam kepada orangtua siswa
2.    Memberitahukan latar belakang berkunjung
3.    Menyampaikan dengan bahasa yag berlandaskan etika masalah yang dilakukan siswa
4.    Melaksanakan tukar pikiran kepada orangtua siswa
5.    Menyampaikan solusi kepada orangtua terhadap masalah yang dihadapi siswa
6.    Berpamitan kepada orangtua siswa
 
9.     Melakukan kegiatan sebagai Pembina Pramuka
 
 Sasaran kegiatan ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada siswa kelas X AP 1 yang berkaitan dengan pemberian bimbingan nilai-nilai kepramukaan sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013. Landasan dari kegiatan ini adalah Akuntabilitas dengan mengaktualisasikan nilai kepemimpinan dalam melaksanakan kegiatan saya menggunakan tehnik sebagai wali kelas dan merangkap pembina pramuka kelas X AP 1 menyadarkan siswa bahwa pemuda terutama para pelajar sekolah, kini lebih akrab dengan teknologi. Tanpa pondasi nilai dan moral yang kuat, teknologi dan hiruk pikuk globalisasi akan membentuk karakter pemuda yang hedonis, pragmatis dan anti sosial. Pemuda tumbuh menjadi generasi yang individualis dan berpikir instan. Kepekaan sosial kepada sesame dan alam semakin memudar. Banyak fakta dan data yang bertebaran di sekitar kita. Kriminalitas dan kenakalan remaja meningkat tajam. Mulai dari tawuran, pemakaian narkoba, minuman keras, seks bebas bahkan kriminalitas. Landasan nasionalisme nilai dasar yang saya gunakan adalah pemersatu bangsa dalam pelaksanaannya saya menggunakan tehnik membimbing dan menyampaikan sesungguhnya kepanduan (pramuka) dapat menjad i simpul pemersatu bangsa, yakni dapat mempersatukan anak (sekolah) sehingga tidak terjadi tawuran diantara mereka, dapat mempertemukan siswa atau anggota gerakan pramuka dari berbagai latar belakang suku, bangsa, ras, dan bahasa. Mereka bersama-sama bermain, bernapak tilas, duduk di depan api unggun, menyanyi, dan lain-lain. Dengan demikian maka akan tercipta harmoni, persatuan dan kesatuan, kerjasama, toleransi sehingga terwujud stabilitas yang didambakan bersama. Landasan etika publik adalah  nilai kemampuan melaksanakan kebijakan dan program pemerintah dalam pelaksanaan saya menggunakan tehnik, sebagai pembina pramuka dan abdi masyarakat melaksanakan kebijakan pemerintah dimana Pemerintah mewajibkan semua sekolah menyediakan kegiatan pramuka sebagai ekstra kulikuler wajib dalam Kurikulum 2013. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh memaparkan tujuan belajar mengajar dalam Kurikulum 2013 dirancang dicapai melalui kegiatan kurikuler, ekstra kurikuler dan ko kurikuler. Pramuka memiliki program yang tepat untuk membangun nilai-nilai yang ingin dicapai pemerintah melalui pendidikan dalam Kurikulum 2013. Landasan yang saya gunakan dalam nilai komitmen mutu adalah melakukan perbaikan secara berkelanjutan melalui berbagai cara dalam pelaksanaan pembinaan saya menggunakan tehnik akan memberikan pembaharuan pengajaran yang tidak  monoton kepada peserta didik dengan melaksanakan variasi pembinaan di dalam kelas dan luar kelas. Dalam landasan anti korupsi nilai yang saya gunakan adalah tanggung jawab dan disiplin, saya menggunakan tehnik bertanggungjawab melaksanakan pembinaan yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah dimana pelaksanaan pembinaan saya lakukan setiap hari Jumat mulai pukul 07.00-08.00 di kelas X AP 1 dengan memperhatikan materi pembinaan yang telah terjadwal tanpa merasa terbeban untuk melaksanakan tugas. Manfaat kegiatan ini adalah untuk mendidik  dan membina siswa sesuai nilai yang terkandung dalam kegiatan pramuka.
Proses kegiatan yang saya lakukan adalah :
1.    Memperhatikan jadwal pembinaan
2.    Memperhatikan kehadiran siswa
3.    Memperhatikan kelengkapan atribut dan pakaian siswa
4.    Memberikan pembinaan di dalam dan ruangan kelas sesuai dengan materi yang telah ditentukan


       C. Jadwal Kegiatan Aktualisasi
 
Kegiatan-kegiatan tersebut akan dilaksanakan di tempat kerja dengan berurutan selama 12 hari kerja dengan jadwal sebagai berikut :
 
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN AKTUALISASI
 
NO
KEGIATAN
PELAKSANAAN
TEMPAT
SASARAN
1
 
Melaksanakan  ulangan harian otomatisasi perkantoran di kelas X AP 1
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
 
 
Kelas X AP 1 
 
 
2
Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran di Kelas XI AP
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas XI
3
Melaksanakan  Pembimbingan Peserta Didik X AP 1
 
14 s/d 30 Maret 2015
 
 
SMK 1 Pangkalanbaru
 
 
 
 
 
 
Kelas X AP1
4
1.                    Melakukan Koreksi  Tugas Siswa  XI AP 1
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas XI  AP 1
5
1.                    Melakukan Kegiatan Pengawasan Ujian Sekolah Kelas XII
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas XII
6
1.                    Melakukan rekapitulasi  absensi siswa kelas  periode Februari dan bulan Maret kelas X AP 1
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas X AP 1
 
 
 
 
 
 
 
 
7
1.                    Membuat RPP mata pelajaran Administrasi kepegawaian kelas XI AP
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
 
Kelas XI AP
 
 
8
1.                    Melaksanakan  kunjungan ke rumah siswa kelas X AP 1 yang bermasalah dengan kehadirannya.
 
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas X AP 1
9
Melakukan kegiatan sebagai Pembina Pramuka kelas  X AP 1.
14 s/d 30 Maret 2015
SMK 1 Pangkalanbaru
Kelas X AP 1


BAB III

PENUTUP

 

A.  Kesimpulan

            Rancangan aktualisasi yang berisi rancangan kegiatan yang akan di lakukan di unit kerja dapat digunakan oleh peserta diklat dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, dan anti korupsi (ANEKA). Rancangan aktualisasi ini di harapkan mampu meningkatkan kinerja peserta diklat dalam menjalankan tugas dan fungsi di instansi tempat bekerja.

 

B. Saran

 

Untuk mendukung terlaksananya rancangan aktualisasi peserta diklat berdiri sebagai abdi masyarakat bukan sosok yang dilayani tetapi melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Marilah kita laksanakan tugas sebagai bagian dari birokrasi pemerintahan Indonesia yang menanamkan nilai nialai dasar dari akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi. Negara Indonesia adalah bangsa yang besar dalam nilai angka mari kita wujudkan besar dalam sejahterah Semoga rancangan aktualisasi dapat digunakan pada proses pelaksanaan diklat prajabatan yang bernilai dasar ANEKA, akhirnya penulis mengharapkan saran dari pembaca untuk menyempurnakan laporan ini terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014. Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi Pegawai Negeri Sipil. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014.Akuntabilitas. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014.Nasionalisme. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014.Etika Publik. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014.Komitmen Mutu.Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

Lembaga Administrasi Negara. 2014.Anti Korupsi. Modul Penyelenggaraan Perdana Pendidikan dan Pelatihan Calon Pegawai Negeri Sipil Prajabatan Golongan II. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara.

 

 

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara tahun 2014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar